Senin, 24 Oktober 2011

Ketika Otak dan Hati saling Berseteru


Tak ingin memikirkan namun selalu terpikirkan.

Hati: Tiada guna memikirkan segala sesuatu yang belum terjadi.

Otak: Kau ini tahu apa? Antisipasi selalu dibutuhkan sebelum hal-hal yang tak dikehendaki datang menghampiri.

Hati: Jangan sembarangan bicara, kau pikir siapa yang resah? Aku!

Otak: Lalu, apa yang harus aku lakukan?

Hati: Berhentilah bertindak demikian. Kita hanya perlu mensyukuri dan menikmati kehidupan yang tengah terjadi.

Otak: Tugasku berpikir, bukan menikmati.


Hati: Baiklah, tapi tolong jangan libatkan aku, aku ingin tentram.


Otak: Sekarang, biarkan aku berpikir.

Hati: Mengenai masa lalu pahit?

Otak: Tak pernah terbesit sedikitpun olehku. Bagiku, masa lalu telah berlalu dan selesai. Tenggelam seperti matahari. Aku tak akan pernah memikirkan kepergiannya dan kau tak perlu menangisiny. Masa lalu telah meninggalkan kita semua, pergi dan takkan kembali. 

Hati: Bijak. Lantas apa yang kau pikirkan sehingga membuatku resah seperti ini? Masa depan?

Otak: Mungkin.

Hati: Bodoh! Masa depan masih ghaib. Maka jangan pernah kau bermain dengan khayalan dan mengorbankan keresahanku hanya untuk sebuah dugaan! Aku tak ingin memburu sesuatu yang belum tentu ada. Esok hari adalah sesuatu yang belum diciptakan dan tidak ada satupun darinya yang dapat disebutkan.

Otak: Bijak juga, tapi semua itu selalu melintas untuk aku pikirkan.Mengertilah.

Hati: Aku pun ingin dimengerti. Aku ingin hidup tenang tanpa ada kekhawatiran akibat dugaan-dugaan yang kau pikirkan.

Otak: Tapi ada sisi baiknya dimana kita bisa mengantisipasi terlebih dahulu sebelum benar-benar terjadi.

Hati: Konyol! Islam mengajarkan prinsip hanya akan hidup hari ini! Prinsip inilah yang akan menyibukan kita si setiap detiknya untuk selalu memperbaiki diri, mengembangkan setiap potensi, bersyukur dan menyempurnakan amalan-amalan. Agama kita tidak pernah mengajarkan kita utk memikirkan sesuatu yg akan terjadi di masa yg akan datang. Jalani hari ini dengan sebaik-baiknya.

Cukup!

2 komentar:

Please, gimme your comment after finish reading my post^^