Rabu, 03 Juli 2013

[Review] Hanami; Sedalam Cintamu karya Fenny Wong

Judul buku: Hanami
Penulis: Fenny Wong
Penerbit: GagasMedia
Jumlah halaman: 450 halaman
ISBN: 979-780-582-4
Rating: 4/5

Blurb:
Kepada Sakura,

Kau adalah hangat. Padamu aku temukan dunia yang ramai dan selalu bahagia. Kau adalah rumah. tempat aku menitipkan tawa kanak-kanakku, juga menyimpan mimpi tentang sebuah masa depan.
Suatu hari, mungkin rumahku tidak lagi kau. Tidak bisa dan  tidak mungkin. Kau hanyalah rumah tempat aku menyimpan berpuluh-puluh frame yang tidak akan lapuk karena waktu. Tempat aku selalu kembali meski mungkin kau tidak lagi berada di sana.
-Keigo

Kau datang menjelma sepi. Lalu, pergi meninggalkanku dalam gigil. Gadis polos dalam kamuflase musim semi, aku membencimu. Tak ada aku dan kau dalam cerita masa depan. Itulah mengapa aku memilih menjauh.
Namun,  kau tahu, hingga mana pun jauh mengantar langkahku, ternyata tak pernah ada yang menamai rindu milikku, sesempurna kau menamainya. Dan, membuatnya akan selalu menjadi milikmu.
-Sakamura Jin
Saya tidak akan menuliskan sinopsis novel ini, silakan baca sendiri hihi yang jelas novel ini keren! Terus terang ini novel bersetting Jepang pertama yang saya baca, asli serius, I don’t tell a lie. Saya mengenal Jepang dari lagu dan film pada awalnya. Novel ini berhasil membuat saya seperti tengah menjadi bagian dari tokoh-tokoh di dalamnya, beberapa kali berhenti membaca hanya untuk membayangkan suasana Jepang seperti yang diceritakan novel dan itu wow banget nyampe ke hati hahah entah karena ini novel Japan themed pertama yang saya baca sehingga saya belum bisa compare dengan novel-novel Japan lainnya atau memang karena penulisnya yang benar-benar lihai dalam mendeskripsikan segala sesuatunya atau mungkin karena keduanya, entahlah yang jelas saya benar-benar bisa merasakan feelnya. Tempat, suasana sampai makanan khas Jepangpun terbayang-bayang dalam ingatan saya.

Saya sendiri gak terlalu mudeng arti Hanami itu apaan, awalnya saya mengira nama cewek Jepang yang giginya gingsul, kulitnya putih, pake rok mini yang lompat kesana kemari hahah tapi setelah saya nyempetin buat nengok goodreads dan melihat berapa bintang yang diperoleh buku ini, akhirnya saya menemukan wacana tentang Hanami yang berarti melihat bunga sakura di musim semi atau apalah saya rada lupa *tepok jidat*

Serius, bingung milih karakter cowok favorit di novel ini, Keigo yang baiknya ampun-ampunan, perhatian, penyabar, berwibawa dan ah perfect! Sampai dia bersedia menegambilkan apapun yang Sakura butuhkan (saya sempet mikir juga, ini babu atau kakak? --“) atau Jin yang cueknya ampun-ampunan juga, dingin, galak, penuh dendam, kesepian yang kalau bicara liar, kasar, gak pernah mikirin perasaan orang haha melted waaaaa.

Hal yang menarik dala novel ini, mengangkat tema yang lebih ke percintaan antara keluarga dan sedikit membahas mengenai organisasi Yakuza yang saya sendiri sangat penasaran . Ceritanya complicated parah namun sedikit membingungkan karena terlalu banyak flash back dan menceritakan orang-orang yang namanya benar-benar susah sekali saya ingat ya ampuuuun *sigh* sempet bolak-balik halaman hanya untuk mengingat nama-nama yang tengah diceritakan, terlalu banyak nama jepang dan itu tidak semudah saya menghapal nama Korea wkwk tapi ini mungkin bukan salah penulis, saya saja yang terlalu bodoh :’)

Di 3-4 bab terakhir saya lebih merasa deg-degan, ketika Jin yang telah berjanji akan membuat Sakura jatuh cinta lalu menghempaskannya tiba-tiba saja merasa benar-benar jatuh cinta dan tak bisa menepati janjinya, jangankan menghempaskan Sakura, ditinggalkan sebentar saja dia mohon-mohon haha dan ini moment romantis merekaaaaa ah waktu Jin peluk Sakura dari belakang dll. tapi saya ngerasa kasian juga sama si baik Keigo huhu namun sayang ini terlalu cepat dan tiba-tiba menurut saya, kurang begitu megalir dan endingnya pun kurang wow, hm sedikit mainstream heheh over all, kereeen! Aku sematkan 4 bintang untuk Hanami, untuk ide cerita yang luar biasa, untuk kalimat-kalimatnya yang juga luar biasa, untuk menciptakan karakter Keigo juga Jin yang berbalik 180 derajat (but not for Sakura, saya gak suka karakter dia, entah mengapa) Great job cici Fenny ^^


2 komentar:

  1. Makasih ya untuk review Hanaminya. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, Kak ^_^ I really really love Jin! <3

      Hapus

Please, gimme your comment after finish reading my post^^