Senin, 25 November 2013

[Review] Éclair; Pagi Terakhir di Rusia karya Prisca Primasari

Judul buku: Éclair
Penulis: Prisca Primasari
Penerbit: Gagasmedia
Jumlah halaman: 234 halaman
Rating: 5/5 

Blurb:
Seandainya bisa, aku ingin terbang bersamamu dan burung-burung di atas sana. Aku ingin terus duduk bersamamu di bawah teduhnya pohon-berbagi eclair, ditemani matahari dan angin sepoi-sepoi. Aku ingin terus menggenggam jari-jemarimu, berbagi rasa dan hangat tubuh-selamanya.

Sayangnya, gravitasi menghalangiku. Putaran bumi menambah setiap detik di hari-hari kita. Seperti lilin yang terus terbakar, tanpa terasa waktu kita pun tidak tersisa banyak. Semua terasa terburu-buru. Perpisahan pun terasa semakin menakutkan.

Aku rebah di tanah. Memejamkan mata kuat-kuat karena air mata yang menderas. "Aku masih di sini," bisikmu, selirih angin sore. Tapi aku tak percaya. Bagaimana jika saat aku membuka mata nanti, kau benar-benar tiada?
Review:
Éclair mengusung tema persahabatan dan kehilangan. Bercerita menganai persahabatan antara Kay, Lhiver, Katya, Sergei dan Stepanych yang bermula dari kue Éclair yang Stepanych buat untuk menyenangkan hati Kakaknya, Sergei dan teman-temannya. Namun pada akhirnya mengalami keretakan akibat sebuah kesalahpahaman karena Lhiver menyalahkan sahabat-sahabatnya atas bencana kebakaran yang menewaskan anak angkatnya.
Ini merupakan karya Prisca pertama yang selesai aku baca sebulan yang lalu dan membuat aku jatuh cinta dengan gaya tulisannya. Terus terang, setelah membaca Éclair, aku jadi tertarik untuk membaca karya Prisca yang lain.

Suasana Rusia yang digambarkan dalam novel ini terasa sangat nyata, bukan hanya tempelan semata. Selain itu, Prisca pandai sekali mengeksekusi konflik dengan baik sehingga tersaji dengan begitu apik dan indah. Perpaduan referensi puisi, simfoni, cerita klasik serta sastra-sastra latin tak ketinggalan pembahasan skandal pemerintah Rusia yang berbau Rasputin pun menambah estetika dan daya tarik tersendiri, khususnya untuk aku pribadi hehehe…

Setting tempat dalam novel ini bukan hanya Rusia. Amerika, Perancis bahkan Indonesia pun menjadi suguhan latar.

Ceritanya mengharukan bahkan menguras emosi dan sedikit air mata hehehe… Kesedihan Lhiver yang ditinggal mati oleh anak angkatnya juga kesedihan sahabat-sahabat Lhiver yang dicap pembunuh terutama Stepanych yang pada saat itu kondisinya tengah terbaring koma begitu bisa aku rasakan.

Semua karakter dalam novel ini sangat kuat. Katya dengan kecerdasannya yang berhasil memecahkan kasus pembunuhan yang hampir saja menjebloskan Kay, sahabatnya yang juga seorang photographer ke dalam sel tahanan di New York. Sergei, calon suami Katya yang sabar dan berwibawa juga seorang businessman. Stepanych, si chef terkenal yang sangat pandai membuat kue Éclair dan terakhir Lhiver, seorang sastrawan yang menaruh amarah hingga bertahun-tahun lamanya dan memutuskan menetap di Indonesia.

Beberapa kalimat favorit:
  1. Ada kalanya batas mimpi dan kenyataan terasa begitu kabur, terutama bila terlalu sering bermimpi. Mimpi seolah adalah hal yang riil, bisa didengar, dipandang, bahkan dikecap. Dan kenyataan malah tampak kabur, dengan benang-benang halus yang membalutnya, juga kesan transparan yang bisa menguap sewaktu-waktu.
  2. Kematian tidak akan pernah menyerah sekalipun kau berusaha untuk mengindar ke sudut dunia paling rahasia. Takdir itu akan tetap menjelang, dan berlari pun akan percuma. Bila takdir gagal merenggutmu lewat pintu, ia akan masuk lewat jendela, menyelinap lewat celah, bahkan menembus pertahanan yang paling kokoh dan tangguh. Ini adalah kenyataan yang senantiasa berlangsung di alam semesta.
  3. Masa lalu yang indah. Itulah yang menghadirkan dualisme yang bersanding dengan aneh ketika ia memikirkannya. Masa lalu yang indah selalu menghadirkan senyum dan tangis pada saat bersamaan.
Apa itu Éclair? Hehe… mungkin di Indonesia biasa disebut kue sus kali ya hehehe :P Novel ini high recommended sekaleeeee, dan satu lagi, covernya kece banget ^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please, gimme your comment after finish reading my post^^