Kamis, 23 Januari 2014

Review The Chronicles of Audy; 4R

Judul buku: The Chronicles of Audy; 4R (Buku pertama)
Penulis: Orizuka
Penerbit: Haru, November 2013 (Cetakan ke-3)
Jumlah halaman: 320 halaman
ISBN: 978-602-7742-21-5
Rating: 5/5

Blurb:
Hai. Namaku Audy. Umurku 22 tahun.
Hidupku tadinya biasa-biasa saja, sampai kedua orangtuaku jatuh bangkrut karena ditipu.
Aku hanya tinggal selangkah lagi menuju gelar sarjanaku. Selangkah lagi!
Tapi kedua orangtuaku rupanya tega merusak momen itu. Jadi sekarang, di sinilah aku berada. Di rumah aneh yang dihuni oleh 4 bersaudara yang sama anehnya: Regan, Romeo, Rex dan Rafael.
Aku, yang awalnya berpikir akan bekerja sebagai babysitter, dijebak oleh kontrak sepihak dan malah dijadikan pembantu!
Terdengar klise?
Mungkin, bagimu. Bagiku? Musibah!
Ini, adalah kronik dari kehidupanku yang mendadak jadi ribet. Kronik dari seorang Audy.

Kisah ini dimulai ketika Audy berhasil mendapatkan index prestasi yang memuaskan, tanpa C apalagi D dan memperoleh IP 3,7 yang menurutnya sangat luar biasa mengingat ia hanya menghitung kancing ketika test masuk HI UGM dan dirinya sendiri meragukan kemampuannya. Terlepas dari itu semua, ia sangat bahagia karena akhirnya ia bisa memulai untuk menyusun skripsinya agar kedua orang tuanya tak perlu repot-repot mengeluarkan banyak biaya jika ia sudah lulus dan meraih gelar sarjana nanti.

Namun rencana tinggal lah rencana karena kedua orang tuanya mengalami kebangkrutan yang dikarenakan tertipu oleh investasi yang menurut Audy sendiri merupakan investasi gadungan. Seluruh harta mereka habis, tak tersisa bahkan Audy pun terpaksa menjual ponselnya dan menggantinya dengan ponsel lama yang kerap kali mati. Belum lagi tunggakan uang kost selama tiga bulan yang membuatnya nyaris diusir dari kostan.

Audy merasa bahwa dirinya harus melakukan sesuatu hal untuk membayar biaya skripsi dan uang tunggakan kost-nya. Akhirnya, ia mendapat pencerahan saat melihat beberapa lowongan kerja di koran. Dirinya tertarik dengan lowongan babbysitter dari keluarga 4R. Audy pun mengambil pekerjaan tersebut setelah dirinya taken kontrak dengan pria bernama Regan yang menurutnya mirip dengan Keanu Reeves/ Costantine (Ingatkan saya bilah salah mengetik nama ^^v) Tak ada yang paling membahagiakan bagi Audy saat itu, karena tugasnya hanya menjaga bayi lalu ia mendapat gaji dimuka yang ia pikir bisa untuk melunasi biaya kost-nya. Namun, siapa sangka ternyata Audy harus menjaga anak berusia 4,5 tahun bernama Rafael yang bandelnya minta ampun bukan bayi seperti yang ia sangka. Belum lagi, Regan yang ia sangka menipu dirinya karena Audy akhirnya harus mengerjakan pekerjaan rumah tangga juga. Tak ketinggalan, kedua kakak Rafael yang sama-sama menyusahkan dirinya yakni Romeo yang senang mengoleksi majalah dewasa dan Rex yang dinginnya bukan main. Lalu bagaimana kisah kronik Audy selanjutnya? Read it by yourself :P

One sentence; This novel amazed me so much! Bagus! Dengan bahasa yang simple dan mudah dimengerti, saya tak sedikitpun melewatkan kata-kata yang tertulis. Cerita yang unik dan segar mampu membius saya selama membaca novel ini. Karakternya kuat, kuat sekali. Audy yang lugu, lugu sekali dan apa ya, sedikit bodoh mungkin wkwk mewarisi sifat orang tuanya banget ^^v lalu ada Regan, si sulung yang ganteng dan bertanggung jawab namun perhitungan. Romeo yang mesum dan jorok, ketombean karena jarang mandi tapi ia merupakan seorang hacker juga ahli di bidang seperti itu. Rex yang dingin tetapi sangat jenius dan rapi. Aaaaah saya suka semua karakter! Terlebih-lebih Rex! Tapi saya juga suka Romeo hehehe :)

Deskripsi serta dialog seimbang sehingga tidak bosan ketika membaca. Konfliknya terasa sekali. Apalgi membayangkan bagimana Audy yang kesusahan untuk membayar biaya skripsi mengingat saya pun demikian, namun bukan biaya skripsi melainkan biaya semesteran *curcol* apalagi saat komputer jadul Audy rusak dan mengeluarkan banyak asap di bagian CPU dan suara di monitor, aaaaah itu mengingatkan saya ketika saya mengalami kasus yang sama sampai saya harus mengganti layar monitor dengan yang baru *curcol lagi*

Penempatan resolution yang sesuai dengan tempatnya, hingga membuat saya penasaran dan akhirnya bisa benapas lega ketika segalanya terungkap. It's good job! Selain itu, banyak sekali pelajaran yang bisa dipetik dari novel ini. Ending yang mengharukan dan membuat saya menitikan air mata huhu, you got it, Kak Ori! Satu hal yang disayangkan, bukunya seri!!!!!!! Hahaha saya harus menunggu kisah kelanjutannya hingga buku ke-2 terbit. Aaaaa I can't be patient for that, you know :P 5 of 5 stars for this novel. I like it so damn much!


Orizuka's Book Reading Challenge 2014
Indonesian Romance Reading Challenge 2014


6 komentar:

  1. Penasaran nih, ingin baca, apalagi rating nya dapet sempurna gitu hehe :)

    BalasHapus
  2. Kak, kalo barter ini sama montase, trus khokkiri sama yg kemarin, gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe yang ini gak aku barter, maaf ya :)

      Hapus
  3. buku Orizuka paling favorit setelah Our Story :)

    BalasHapus

Please, gimme your comment after finish reading my post^^