Senin, 24 Maret 2014

Review Camar Biru; Cinta Tak Selalu Tepat Waktu

Judul Buku: Camar Biru
Penulis: Nilam Suri
Penerbit: GagasMedia, 2012
Jumlah Halaman: 280 halaman
ISBN: 979-780-603-0
Rating: 3/5 

Blurb:
Aku membutuhkanmu.
Kau terasa tepat untukku. Pelukanmu serasi dengan hangat tubuhku. Dan setiap bagian dari diriku sudah terlalu terbiasa dengan kehadiranmu---dengan suaramu, dengan sentuhanmu, dengan aroma khas tubuhmu.
Dengan debaran yang terdengar seperti ketukan bermelodi saat kau menatapku penuh perhatian seperti itu.

Aku membutuhkanmu.
Ya cinta, waktumu. Dan kau sudah melihat jujur dan juga munafikku. Bahkan, di saat aku begitu yakin kau akan meninggalkanku, kau hanya mentertawakan kecurigaanku dan merangkul bahuku. Sungguh heran, setelah sekian tahun pun, kau masih bertahan di sini, bersamaku.

Aku membutuhkanmu---dan bisa jadi... aku mencintaimu. Tapi, aku belum akan mengakui ini padamu. Aku belum siap meruntuhkan bentengku dan membiarkanmu memilih hatiku...

Berawal dari kisah Nina dan Adith yang membuat janji konyol sepuluh tahun lalu saat keduanya tengah dalam keadaan mabuk. Mereka berjanji untuk menikahi satu sama lain apabila pada waktu yang ditentukan, Nina tidak juga bertemu dengan jodohnya.

Awalnya, mereka memiliki hubungan persahabatan bujur sangkar yang setiap sisinya tak terpisahkan satu sama lain. Tak hanya Nina dan Adith tetapi ada juga Narendra (Kakaknya Nina) dan Sinar (Kakaknya Adith) yang terlebih dahulu menjalin hubungan persahabatan. Hingga suatu ketika, Narendra menemui takdirnya, ia meninggal akibat kecelakaan ketika tengah bersama Nina. Atas kejadian itu, persahabatan yang awalnya harmonis menjadi kesuraman tersendiri bagi Nina. Sinar, pria yang paling dekat dengannya memutuskan untuk pindah ke London meninggalkannya yang pada saat itu harus merasakan banyak sekali kepahitan dalam hidupnya. Selain itu, ibu Nina juga menyalahkan dirinya atas kematian Narendra. Baca selengkapnya di Camar Biru :)

Mantap untuk membaca novel ini setelah beberapa kali menengok reviews dan ratings para Goodreaders. Ini novel pertama penulis yang saya baca, Selain itu, saya juga kepincut kaver dengan burung camar biru yang terbuat dari ketas sesuai dengan judul novelnya. Manis :)

Selesai membaca, saya menyimpulkan bahwa Camar Biru termasuk ke dalam mainstream romance, dimana kedua tokoh pria dan wanita sudah di set akan bersatu dari awal cerita. Namun, ini tidak membosankan karena banyak sekali kejutan di tengah-tengah cerita yang membuat saya semakin penasaran tanpa berniat untuk menutup bukunya hingga selesai saya lahap. Saya membaca buku ini sekitar kurang lebih 3 jam, jam 2 pagi ketika saya terbangun karena nightmare #lupakan

Camar Biru dituturkan dengan multiple point of view, dari sudut Nina dan Adith secara bergantian namun saya agak merasa kebingungan karena tidak ada pembeda saat bercerita sehingga terkadang harus mikir dulu, "Bentar, ini yang lagi nyerita siapa ya?" Haha... Sebelumnya, saya membaca Melbourne karya Winna Efendi yang menggunakan multiple POV juga, di Melbourne, dituliskan keterangan nama setiap kali ganti POV jadi nggak bingung bacanya. Juga dituturkan dengan kata ganti orang pertama yang berbeda, hero menggunakan gue dan heroin menggunakan aku sehingga ada pembeda. Namun, di Camar Biru, tidak ada keterangan seperti itu jadi terkadang bacanya bingung hehehe *Begonya aku*

Gaya tulisan mengguankan bahasa populer gue-lo, bahkan narasinya pun demikian. Banyak sekali sisipan-sisipan kata yang well, menurutku sedikit kotor hehe.. untuk ceritanya sendiri, entah mengapa aku kurang bisa menikmati. Memang, ada part yang mengejutkan dan mengecoh dugaanku tapi tidak dieksekusi dengan baik. Hehe. Over all, Camar Biru ini asik dibaca karena kalimat demi kalimatnya mengalir dan enak dibaca. Recomended buat kalian pecinta romance dengan bahasa sehari-sahi yang ceplas-ceplos dan  frontal^^

 -------------------------------------3/5 Stars (I liked it)----------------------------------
Indonesian Romance Reading Challenge 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please, gimme your comment after finish reading my post^^