Senin, 26 Mei 2014

Review Selamanya Cinta


Judul buku: Selamanya Cinta
Penulis: Kireina Enno
Penerbit: Bukune
Jumlah Halaman: 312 Hlm.
Rating: 3/5

Blurb:
Bahagia itu sederhana—duduk diam bersamamu saja telah membuatku bahagia. 
Bersamamu membuat hari-hariku penuh warna. Begitukah makna sahabat, seseorang yang membuatmu rindu, membuatmu tersenyum diam-diam ketika mengingatnya? 
Ataukah aku telah jatuh cinta kepadamu—dalam kebersamaan hari-hari kita? Namun, jika cinta membuat kita luka dan membuatku kehilanganmu, aku memilih menyimpan cintaku di relung hati paling jauh. 
Dan, luka, biarkan ia tersimpan di hati. Dengan begitu, kau akan tetap di sisiku, bukan? Ah, nyatanya, kau tetap menjelma kehilangan dalam kisah kita. Entah bagaimana, aku pun kehilangan bahagia. Kau, di takdir manakah kita bisa bertemu kembali? Aku menunggumu....

 
Berawal ketika Reina—gadis cuek dan tomboy—memasuki SMA dan mengalami masa MOS serta mendapatkan hukuman dari para senior yang berlagak sok. Saat itu, ada Alex yang membuat Reina jatuh hati karena hanya Alex, senior yang tidak berlaga sok dan kerap kali membantu Reina. 
 
Rupanya, Alex merupakan kakak kandung dari Abe, rekan satu kelas Reina yang kemudian menjadi sahabat dekat Reina. Abe mengetahui dengan jelas isi hati Reina yang hanya untuk Alex pada waktu itu namun rupanya, Alex sama sekali tak memiliki perasaan apapun pada Reina.

Selain bersahabat dengan Abe, Reina juga bersahabat dengan Tedi dan Dinda yang masih merupakan rekan satu kelasnya namun Reina paling dekat dengan Abe sehingga kerap kali digosipkan pacaran namun Reina memegang prinsip bahwa ia tak akan pernah berpacaran dengan sahabat baiknya karena itu sama saja seperti menghancurkan hubungan persahabatan yang lebih berharga. Namun, ternyata Abe memiliki perasaan yang tak dapat ia jelaskan kepada Reina dan sebisa mungkin untuk menguburnya dalam-dalam.

“A Guy and a girl can be just a friends, but at one point or another, they will befall for each other.. Maybe temporarily, maybe at the wrong time, maybe too late or maybe forever.” (Dave Mathews)

Ada lagi kisah Tedy dan Dinda yang akhirnya berani menyatakan perasaan satu sama lain sampai akhirnya mereka berpacaran dan masalah pun dimulai, Tedy harus meninggal saat tawuran dengan Jony (or jody, i forget hehe) yang tak lain merupakan mantan kekasih Dinda yang menginginkan Dinda kembali padanya. Saat itu, Abe sangat murka dan merencanakan pembalasan atas kematian salah satu sahabatnya. Hal ini berakhir dengan dijebloskannya Jony (or jody, i forget hehe) ke dalam penjara.

Kisah pun bergulir hingga Abe, Reina dan Dita memasuki perguruan tinggi. Ketiga sahabat yang sudah lama tak dipertemukan, akhirnya kembali berkumpul. Ada kebohongan yang diutarakan oleh Reina dan Abe terhadap satu sama lain. Lantas, bagaimana kisah antara mereka? Bagaimana pula kisah cinta Abe yang sudah sekian lama terpendam? Baca sendiri ya... ^^ 

Saya membaca novel ini terus terang langsung ke bab satu, saya melewati prolognya wkwk kenapa? Soalnya saya kapok baca prolog, banyak rahasia terungkap gara-gara sebuah prolog jadi saya khawatir saya akan mengetahui ceritanya sebelum penulis ungkapkan. Biasanya, prolog mengandung banyak sekali clue hehe...
Terus pas udah setengah jalan ya kira-kira sampai halaman 100, saya intip halaman terakhir novel ini dan terkejut saat mendapati nama lain selain Reina yang Abe cintai. Dari situ saya benar-benar penasaran dan akhirnya menghajar novel ini sampai habis. 

Banyak sekali part yang menguras emosi juga air mata, pas Tedi meninggal itu nyesek banget huhu... tapi, saya agak merasa terganggu saat penulis menuliskan cerita terlalu detil mengenai orang-orang baru yang sebenarnya dapat dimengerti hanya dengan dituliskan satu kalimat saja. 

Saya suka tokoh Abe yang slengean hehe saya juga suka tokoh Reina yang teguh pada prinsipnya. Mereka sangat cocok sekali :3

Ending dari novel ini sangat unpredictable, tidak terduga! Dan saya bersyukur ketika akhirnya mendapati novel ini happy ending (ups spoiler) karena real life sudah sangat menyedihkan maka pada saat membaca novel ini saya mengharapkan sesuatu yang membahagiakan. Muehehe *ngomong apa*

Gaya bercerita Mbak Enno sangat asik untuk diikuti, mengalir dan tidak kaku. Saya sangat menikmati, konflik dalam novel ini pun tak biasa. Kisah yang disajikan dari mulai SMA hinggabangku kuliah pun tersusun secara berurutan dan alurnya sangat rapi. Great job. Lanjut baca Barcelona Te Amo ^^

-------------Indonesian Romance Reading Challenge 2014------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please, gimme your comment after finish reading my post^^